Tuesday, July 26, 2011

Pengembangan komputer

Pengembangan komputer


Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi, para ahli terus memikirkan teknologi yang bisa mempermudah kehidupan manusia di zaman sekarang dan yang akan datang.
Dalam bab ini di bahas perkembangan dunia komputer dan IT di masa mendatang, dalam pembahasan ini ada beberapa sudah terealisasi di zaman sekarang namun masih terbatas dan sebagian masih kemungkinan. Antara lain     :
1.   Bidang  Ekonomi
Di jaman dulu orang membeli barang dengan sistem barter atau jual beli dengan cara saling bertukar barang, kemudian di ganti uang emas sebagai ganti di zaman sekarang karena emas menjadi barang yang mahal jual beli dipakai uang kertas , kemudian berganti di kota- kota besar dengan teknologi kartu kredit, ATM dimana pembeli tidak usah lagi membawa uang kas. Dimasa mendatang mungkin 20-30 tahun lagi dari sekarang dikembangkan  untuk membuat “ chip “ berupa alat pengenal ID seseorang yang berisi Informasi apa saja mengenai seseorang itu bahkan saldo keuangan , sehingga dengan cara di tanamkannya chip tersebut ditangan atau dikening cukup dideteksi chip tersebut dan proses pembayaran otomatis didebet.
2.   Bidang Imigrasi
            Sekarang bila ingin bepergian keluar negeri seseorang harus memiliki buku “ Paspor “ sebagai data diri seseorang dan akan di tunjukkan saat di bandara.
Buku pasport masih sering dipalsukan dan bisa hilang dan kurang praktis.
Dimasa datang Paspor ini akan di ganti dengan teknologi “ Cornea Mata Identifikasi “ jadi saat di Bandara mata seseorang cukup diperiksa kornea matanya dengan alat khusus, secara otomatis data diri seseorang itu yang telah disimpan di komputer akan dideteksi dan akan menunjukan data diri seseorang dan tidak bisa di palsukan sama sekali .
3.   Bidang Kependudukan
            Sekarang data penduduk masih berupa KTP ( Kartu Tanda Penduduk ) yang mudah di palsukan . Kurang praktis karena masih berlaku secara lokal saja tidak bersifat nasional atau internasional. Dimasa datang akan di kembangkan “ CITIZEN IDENTIFICATION NUMBER “ ( CIN ) seperti kalau identitas buku ISBN (International Serial Book Number). CIN ini berupa chip yang ditanamkan dalam tubuh tiap penduduk berupa Chip Elektronik , sehingga data diri seseorang bisa di deteksi, berlaku secara nasional atau bahkan Internasional.
4.   Bidang  Penelitian Luar Angkasa
            Zaman pertama kali manusia berhasil kebulan “ Neil Amstrong “ dengan tujuan meneliti kehidupan dan keadaan alam di bulan, dimasa datang dikembangkan teknologi robot yang berfungsi layaknya manusia yang di kirimkan ke planet lain seperti Bulan , Mars, bahkan planet terjauh pluto, sehingga tanpa perlu tenaga manusia yang terbatas, cukup tenaga robot yang di operasikan dengan komputer jaringan satelit yang di kendalikan dari bumi. Sehingga selain lebih hemat dan demi keamanan manusia sendiri bisa menjelajah dunia baru di planet lain yang belum terdeteksi apakah ada oksigen dan air sebagai syarat kehidupan manusia.
5.  Bidang Pelayanan Kesehatan
            Sekarang jumlah Dokter sangat terbatas,  sedangkan jumlah pasien lebih banyak sehingga pelayanannyapun terbatas, dimasa mendatang seorang dokter bisa memeriksa pasiennya di beberapa rumah sakit sekaligus dengan cara mewakilkan dokter robot yang dipasang di tiap-tiap rumah sakit di kendalikan oleh dokter aslinya dari rumah dan robot-robot itu akan memberikan informasi data pasien lewat monitor yang dipasang di robot dan monitor di rumah si dokter,secara online dokter akan memerintahkan robot- robot itu untuk memeriksa pasien di masing- masing tempat. Dan sekaligus dokter bisa berbicara online dengan pasien lewat perantaa robot dengan akses internet online.
6.   Bidang Komunikasi
            Sekarang sudah ada teknologi 3G dimana orang bisa bicara langsung lewat telepon sekaligus melihat wajah yang diajak bicara, di masa datang alat ini akan di produksi  secara besar-besarran dengan harga terjangkau sehingga seperti layaknya  orang melihat televisi seperti sekarang bedanya TV hanya satu arah saja, sedangkan penonton tidak bisa bicara langsung dengan pembawa acara di televisi. Munkin saja dimasa datang bisa ada acaa televisi dengan 2 arah dimana pemirsa bisa menyampaikan pesan langsung.
7.   Bidang Percetakan
            Media koran , majalah , buku sekarang ini sudah wajar, mungkin teknologi mendatang orang tidak perlu lagi beli koran karena di ganti dengan alat berupa “ Touch Screen “ yaitu lempengan elektronik yang berisi informasi berita terbaru dan on line mengetahui berita apa saja dan dari penerbit apa saja. Sekarang model seperti ini sudah bisa di lihat di internet tetapi harus menyambungkan dulu komputer dengan internet dan bayarnya relatif mahal dan masih terbatas.
      Media cetak yang beredar sekarang hampir sudah mempunyai website yang bisa diakses secara online. Perkembangan dimasa mendatang mungkin tak perlu memakai internet cukup dengan lempengan elektronik yang berisi segala infomasi dari berbagai media penerbit yang bisa di up-date setiap saat, seperti orang mencharjer HP.
8.   Bidang Keamanan  dan Satelit
            Sekarang dunia teroris semakin canggih dengan media telepon seluler bisa meledakkan gedung dari jarak jauh, namun tetap saja menggunakan media manusia  untuk membawa bom atau disebut bom bunuh diri. Dimasa mendatang dengan di berinya “ chip “ pada setiap orang maka dimanapun keberadaannya dan siapa orangnya mudah di kenali dan di identifikasi , bahkan dimasa datang akan di temukan alat yang bisa menggambarkan keadaan di bumi dengan gambaran  3 dimensi secara mendetail yang memantau semua kegiatan manusia di bumi. Sekarang teknologi ini baru sebatas pemotrettan di bumi secara berkala dari seluruh belahan bumi oleh satelit , bisa dilihat dengan  “ google earth “ lewat internet. Namun masih berupa gambar mati dan bukan gambar video langsung yang merekam langsung kegiatan manusia.
9.   Bidang Transportasi
            Zaman sekarang masih terbatas orang yang memiliki pesawat pribadi. Dimasa datang akan dikembangkan teknologi alat terbang yang dipasang di punggung seseorang seperti layaknya orang berenang dengan mengendong tabung oksigen di laut, tetapi ini dipakai di udara, sehingga orang kesana kemari lebih cepat tanpa harus macet  seperti di Jakarta saat ini. Layaknya film kartun”BATMAN” semuaorang bisa terbang dengan ala bantu ini, sehingga teknologi sepeda motor dan mobil akan menjadi kendaraan yang ketinggalan jaman.
10. Bidang Otomotif
            Di harapkan mobil- mobil canggih seperti gambar mobil di film “ James Bone “ akan menjadi mobil-mobil yang bisa di terbangkan dan mampu menyeberangi laut dengan cara merubah bentuk otomatis jadi bentuk pesawat atau otomatis menjadi seperti kapal selam yang bisa menembus perairan di laut. Sekarang baru bisa diliha difilm-film Holywood, mungkin dimasa mendatang 30 tahun dari sekarang sudah terlaksana, para ilmuwan terus berfikir dan mengembangkan namun perlu diingat 30 tahun dari sekarang mungkin para ilmuwan yang sudah berusia tua akan meninggal dan kita sebagai geneasi muda harus menggantikan mereka.
11. Bidang Perfilman
            Seperti yang diceitakan dalam film “TERMINATOR” (artinya Pembasmi), menceritakan bagaimana teknologi dimasa depan. Sebuah fiksi ilmiah ini menggambarkan bagaimana teknologi manusia yang sangat tergantung pada teknologi, dimana manusia perang bukan sesama manusa lagi, tetapi manusia melawan mesin atau robot, robot tersebut diprogram oleh manusia super yang bertugas menghancurkan bumi, dengan senapan dan bom di tangan siap menghancurkan kehidupan di bumi, disisi lain diciptakan mesin robot penyelamat yang berugas untuk melawan robot penghancur, dan seterusnya bisa dilihat dalam film “TERMINATOR” yang sangat sukses, bahkan pemain utamanya Arnold Schwar Zenegger menjadi Gubernur California –Amerika serikat sekarang.
      Mungkin teknologi dimasa datang setelah teknologi komputer akan berkembang menjadi teknologi mesin. Terinspirasi dari film ini para ilmuwan sedang mengembangkan robot-robot canggih yang tentunya bisa menggantikan tugas-tugas manusia. Mungkin 40-50 tahun lagi manusia dibumi bergaul dengan para robot yang telah dimodifikasi seperti layaknya manusia biasa penampilanya, mungkin pembantu atau istri – isri dirumah akan digantikan robot-robot canggih.
            Dan masih banyak lagi kemungkinan perkembangan Teknologi Komputer dan Infomasi di masa mendatang dan dalam berbagai bidang. Maka untuk adik-adik yang masih dibangku SD sekarang , cepat belajar, cari informasi sebanyak-banyakya, sekarang internet sudah masuk SD , Internet sudah masuk Desa, tidak ada lagi halangan untuk generasi muda baik di Desa maupun di Kota untuk terus belajar dan berkaya. Tetap bersemangat dalam belajar di pundak kalian amanat Teknologi Informasi di serahkan.
  
12. Bidang Penulisan.
            Zaman dahulu orang menulis kitab-kitab firman Tuhan dalam lembaran kulit binatang, kemudian kayu-kayu dan terus berkembang menjadi lembaran kertas tebal dan akhirnya seperti sekarang penulis bisa menuangkan dalam lembaran kertas dalam berbagai ukuran dan ketebalan kertas. Teknologi terus berkembang sekarang para penulis menuangkan gagasanya lewat internet melalui blog-blog dan website secara online, yang bisa diakses dari penjuru dunia dimanapun dan kapanpun. Ini adalah kemajuan teknologi komputer dan infomasi sekarang , munkin dimasa mendatang penulis tidak perlu lagi mengirimkan hassil karya tulisnay berupa hard copy lagi, dimasa akan datang akan muncul penerbit online yang akan menerbitkan karya-karya tulis melalui internet secara online, sehingga para penulis tinggal mengirimkan lewat email dan yang sesuai kriteria akan bisa dimuat secara online pula melalui website resmi . Sekarang sudah ada sebagian penulis yang membuat website sendiri dan menawarkan bisnis e-book yang berupa hasil karya tulis dengan berbasis bisnis internet. Mungkin dimasa akan datang akan semakin luas pengembangan penulisan online book.
13. Industri Penelitian Ilmiah
            Dengan adanya komputer sekarang menambah kemudahan para ilmuwan untuk mengembangkan penelitian tentang GEN manusia , tidak menutup kemungkinan dengan kemajuan ilmu genetika, para ilmuwan akan mengembangkan pengkloningan manusia, dimana gen-gen manusia bisa diklonning menjadi jumlah banyak dengan satu type sehingga akan menghasilkan manusia yang sama baik sifat maupun penampilan.
            Dibidang fisika yang rumit akan dikembangkan teknologi mesin pengulang waktu, sehingga oang bisa kembali kemasa lalu atau pergi kemasa depan. Hal semacam ini sekarang masih berupa cerita fiksi ilmiah yang dituangkan lewat film-film Hollywood, mungkin suatu saat entah 40-50 tahun dimasa datang akan menemukan alat pemutar waktu dalam alam nyata. Mungkin Sajakan?
14. Pengembangan Mesin dan perkembangan mesin komputer

            Saat ini mesin-mesin dibuat untuk kepentingan manusia, mempermudah segala pekerjaan berat manusia. Namun tetap saja dioperasikan oleh manusia juga mesin-mesin itu, misalnya di pabrik sepeda motor, tetap saja proses poduksi melibatkan manusia, hanya bersifat detail dan berat dibantu oleh mesin otomatis atau robot. Mungkin dimasa datang semua jenis kegiatan proses pembuatan mesin-mesin dan alatberat ini secara langsung dikerjakan sendiri oleh mesin-mesin otomatis yaitu robot. Manusia hanya memonitor saja. 
             Perkembangan komputer dari masa ke masa salalu mengalami peningkatan. Pada awalnya komputer bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.



No comments:

Post a Comment