Tuesday, December 20, 2011

CDN

Content Delivery Network, atau Content Distribution Network, atau biasa disingkat dengan CDN, adalah jaringan server yang terletak di berbagai belahan dunia yang berfungsi sebagai klien pengirim berkas-berkas kepada klien pengguna. Masing-masing server tersebut memiliki berkas yang sama persis dengan server lainnya, sehingga bisa dikatakan setiap server adalah cerminan dari server lainnya.
Salah satu cara yang paling efektif untuk mempercepat sebuah website adalah dengan menggunakan CDN. Hal ini telah banyak dijelaskan dan direkomendasikan oleh para pengembang web di seluruh dunia.

Cara kerja CDN (Content Delivery Network)

Ketika klien mengunduh suatu halaman web, maka klien akan mengirimkan http request ke server yang dituju, dan kemudian server tersebut akan meresponnya dengan mengirimkan berkas-berkas yang diunduh. Kecepatan unduh tersebut tergantung dari beberapa faktor, salah satunya adalah jarak antara server dengan klien. Semakin jauh jarak server dari klien, maka semakin lama pula respon pengiriman. Begitu pula sebaliknya, semakin dekat jarak antara server ke klien, maka semakin cepat lah waktu unduh halaman web tersebut.
Fungsi CDN (Content Delivery Network) dalam hal ini adalah meminimalisir waktu unduh yang dibutuhkan oleh klien, karena CDN sendiri adalah jaringan server yang terletak di berbagai belahan dunia, oleh karena itu server yang terdekat dengan klien akan diprioritaskan untuk mengirimkan berkas yang diminta.
cara kerja CDN
Sebagai contoh, seseorang yang berada di jakarta sedang membuka suatu web/blog yang dihosting di sever USA. Bila web/blog tersebut tidak menggunakan CDN, maka waktu unduh halaman web tergantung dari jarak antara jakarta – USA. Sementara itu, bila web/blog tersebut menggunakan CDN untuk menghosting berkas-berkasnya, maka server CDN yang terdekat dengan klien (contoh: berada di singapura) yang akan melayani pengiriman berkas yang diminta, sehingga waktu yang dibutuhkan akan semakin pendek.

Target pengguna CDN (Content Delivery Network)

Secara umum, CDN diperuntukkan bagi pemilik web/blog dengan target pengunjung dari berbagai belahan dunia, karena akses kunjungan dari wilayah manapun dapat dipersingkat melalui server CDN terdekat. Namun bagi pemilik web/blog dengan target pengunjung hanya di wilayah tertentu, akan lebih hemat dan praktis bila menyewa server hosting di wilayah itu saja.
CDN (Content Delivery Network) yang ada biasanya berupa jasa layanan seperti halnya webhosting. Kebanyakan CDN tersebut adalah berbayar, seperti contohnya akamai, maxcdn, atau instantcdn. Walaupun ada beberapa juga yang gratis seperti halnya cloudflare dan coralcdn, namun tentu saja yang berbayar jauh lebih baik.

No comments:

Post a Comment