Tuesday, December 20, 2011

GNU General Public License

GNU GPL dirancang agar anda dapat menerapkannya secara mudah pada program anda jika anda pemegang hak cipta. Anda tidak perlu mengubah GNU GPL untuk melakukannya, hanya tambahkan saja pemberitahuan di program anda yang merujuk pada GNU GPL.
Jika anda ingin meng-copyleft-kan program anda dengan GNU GPL atau GNU LGPL, silahkan lihat halaman instruksi GPL sebagai petunjuk. Ingat bahwa anda ingin memanfaatkan lisensi tersebut--baik GPL mau pun LGPL--haruslah seutuhnya. Penyalinan sebagian tidak diperkenankan.
Penggunaan ketentuan distribusi yang serupa untuk program-program yang berbeda akan memudahkan penduplikasian kode di antara berbagai macam program yang berbeda. Karena mereka mempunyai ketentuan pendistribusian yang sama, tidak ada lagi keharusan untuk memikirkan apakah ketentuan tersebut saling bersesuaian. Lesser GPL mengandung perlengkapan yang mengijinkan anda menukar ketentuan distribusi menjadi GPL biasa, sehingga anda dapat menduplikasikan kodenya ke program lain yang dilindungi oleh GPL.
Jika anda ingin meng-copyleft-kan manual anda dengan GNU FDL, silahkan lihat instruksi pada bagian akhir (21k huruf) dari teks FDL tersebut, serta halaman petunjuk GFDL. Sebagaimana dengan GNU GPL, pemanfaatan haruslah seutuhnya. Penyalinan sebagian tidak diperkenankan.


Terjemahan dari GPL

Berikut merupakan daftar terjemahan tidak resmi. Secara hukum, versi asli GPL (berbahasa Inggris) merupakan ketentuan pendistribusian yang paling sahih untuk program GNU.
FSF tidak mensahkan daftar tersebut sebagai terjemahan resmi, berhubung proses ratifikasinya akan sangat sulit dan mahal (seperti membutuhkan pengacara bilingual). Lebih buruk lagi jika terdapat kesalahan, akan berakibat fatal bagi seluruh komunitas perangkat lunak bebas. Selama terjemahan tersebut tidak resmi, maka tidak akan berakibat fatal, dan kami berharap terjemahan tersebut dapat membantu lebih banyak orang untuk memahami GPL.
Kami mengizinkan penyebarluasan terjemahan dari GPL, GFDL, atau LGPL ke bahasa lain, dengan ketentuan bahwa anda harus (1) memberi tanda jelas bahwa terjemahan tersebut tidak resmi (lihat di bawah bagaimana melakukannya), agar masyarakat memahami bahwa terjemahan tersebut tidak dapat digunakan sebagai pengganti naskah asli, dan (2) anda setuju untuk membuat perubahan sesuai dengan permintaan kami, jika kami mengetahui dari rekan-rekan GNU lain bahwa perubahan tersebut penting untuk membuat terjemahan tersebut lebih jelas.
Untuk menandai bahwa terjemahan anda tidak resmi, kami ingin agar anda menambahkan teks berikut pada bagian awal terjemahan, dalam bahasa Inggris dan bahasa terjemahan--dengan mengganti kata bahasa terjemahan dengan nama bahasa terjemahan tersebut:
Ini merupakan terjemahan tidak resmi dari Lisensi Publik Umum (GNU General Publik License) ke bahasa ``BAHASA''. Terjemahan ini tidak dipublikasikan oleh Free Software Foundation (FSF, Yayasan Perangkat Lunak Bebas), serta tidak menyatakan secara hukum ketentuan dari perangkat lunak yang menggunakan GNU GPL--hanyalah versi bahasa Inggris yang resmi yang memiliki kekuatan hukum. Namun, kami harapkan bahwa terjemahan ini akan membantu yang berbahasa ``BAHASA'' akan memahami GNU GPL secara lebih baik.
  • Terjemahan GPL dalam bahasa Bulgaria
  • Terjemahan GPL dalam bahasa Ceko
  • Terjemahan GPL dalam bahasa Galia
  • Terjemahan GPL dalam bahasa Indonesia
  • Terjemahan GPL dalam bahasa Italia
  • Terjemahan GPL dalam bahasa Jepang
  • Terjemahan GPL dalam bahasa Jerman
  • Terjemahan GPL dalam bahasa Korea
  • Terjemahan GPL dalam bahasa Perancis
  • Terjemahan GPL dalam bahasa Polandia
  • Terjemahan GPL dalam bahasa Portugis Brazilia
  • Terjemahan GPL dalam bahasa Romania
  • Terjemahan GPL dalam bahasa Rusia
  • Terjemahan GPL dalam bahasa Swedia
  • Terjemahan GPL dalam bahasa Thai

No comments:

Post a Comment